Selasa, 15 Februari 2011

Kenapa harus Fixed Gear?

Virus fixie itu di mulai saat para kurir-kurir sepeda atau yang biasa di sebut "messenger bike" mulai menggunakan sepeda fixie untuk mengantar surat. para messenger bike mengunakan sepeda fixie karena tuntutan pekerjaan mereka yang harus di tuntut kecepatan dalam mengantar surat yang di bawanya.
maklum. karena sebagian besar surat yang di antar oleh para messenger bike adalah dokumen - dokumen penting perlu di luar sana sepeda adalah sebuah alat transportasi yang sangat dihargai. Para pengendara sepeda boleh dengan bebas melawan arah, terobos lampu merah, dan sebagainya yang tidak boleh di lakukan mobil atau kendaraan bermotor lain nya saat berada di jalan raya. Kendaraan bermotor di luar negeri pun sangat menghargai para pesepeda. jika ada sepeda yang sedang menerobos lampu merah mobil yang sedang melaju di samping nya pasti berhenti.
Beda sekali dengan Indonesia. jika para pesepeda menerobos lampu merah yang ada malah di caci maki sama pengendara kendaraan bermotor.
Fixie menggunakan sistem doltrap pada konsumsi gearnya, tidak ada kata "coasting" dalam dunia fixed gear. coasting itu adalah saat di mana orang berhenti mengayuh. Jadi kaki akan diam saat berlangsung nya coasting dan pada saat itulah proses "braking"/pengereman berlangsung. 

                                                            Contoh  Doltrap

Kenapa ? ya karena memang begitu. hahahaha
tapi untuk newbie yg belum paham benar dengan braking seperti diatas, bisa memakai rem di sepedanya, tentu saja sambil belajar braking atau braking trick yg biasa disebut "skid" di fixie, setelah itu perlahan bisa melepaskan perangkat rem tangan tadi, biar fixienya original.
      Sama dong dengan rem torpedo? TIDAK!
Pada fixed gear pengendara diharuskan terus menerus mengayuh sepeda jika sepeda ingin melaju, tetapi pada torpedo pengendara sepeda bisa mengistirahatkan kakinya ketika sepeda melaju, jadi pedal sepeda bisa tetap diam sementara ban belakang melaju. Sistem pengereman sepeda ini mirip dengan fixed gear, dikayuh ke belakang, bedanya ketika dikayuh ke belakang kampas rem di dalam hub mengembang dan menahan laju sepeda, dan tidak bisa dipaksakan kebelakang karena akan tertahan di titik tertentu. Selain itu sepeda torpedo tidak bisa mundur.

martin - WOLFixie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar